Tuesday, October 4, 2011

Internet Bermasalah Karena Chillispot

Ini hanyalah sekedar pengalaman pribadi ketika melakukan install dan konfigurasi Freeradius dan Chillispot di Ubuntu Server, maksudnya sih untuk membuat Billing Hostpot Area di lingkungan SMK Bina Putra Mandiri dan STMIK Pranata Indonesia tempat ane nongkrong bareng anak-anak nGOpre-X Community.

Pada awal tahap penginstalan semuanya berjalan lancar, konfigurasipun tidak menemui kendala apapun, client sudah bisa masuk ke Billing Hotspotnya. Tapi entah kenapa hanya bisa satu client yang masuk ke Billing Hotspot tersebut. Akhirnya saya otak-atik kembali konfigurasi Chillispot dan Freeradiusnya, sudah berjam-jam lamanya di depan kompi, tetap hasilnya nihil yang ada malah komputer client satupun tidak ada yang bisa login ke Billing Hotspot tersebut.


sudo reboot, itulah salah satu perintah linux yang saya gunakan karena terlalu pusing harus bagaimana lagi untuk mengatasi solusinya, komputer server dengan spesifikasi hardware hanyalah P II sudah siap lagi dioperasikan, cek kembali tahapan dari pembuatan Billing Hotspotnya, tapi tetap hasilnya masih belum terjawab. yang ada malah semua client tidak mampu untuk melakukan aksess ke Internet.

Wow....wow... masalah baru muncul lagi, ada apa dengan PC router ane, aneh bin ajaib tapi nyata, apa harus di install ulang, jangan ... jangan .... !!!. 1 hari sampai 2 harinya matilah sudah akses internet untuk seluruh client, yang lebih aneh lagi kenapa kalau saya lakukan ping ke situs web dan ke DNS Speedy tidak bermasalah, tapi waktu ping ke server terjadi masalah tidak mau reply. 

Hemmm, mencoba berfikir dengan sisa kemampuan kerja otak yang sangat pas-pasan, akhirnya terpikir apa jangan-jangan karena ter-BLOKIR sama iptable chillispot, dengan tergesa-gesa saya coba remote lagi server pake PuTTy dan ane hapus iptables-nya. Ternyata itulah yang menjadi biang kerok Client tidak bisa aksess Internet.

Demikianlah sekedar pengalaman pribadi tentang lika liku membuat Billing Hotspot yang sampai posting ini saya buat, masih belum saya uji coba lagi, dan postingan ini hanyalah sekedar meluangkan kekosongan waktu untuk mengobati rasa penasaran pembuatan Billing Hotspot dengan Freeradius dan Chillihotspot. :D



2 comments: