Saturday, October 20, 2012

Auto Respon SMS dengan Gammu Update


Anda mungkin pernah melakukan pendaftaran via SMS, baik secara gratis maupun berbayar selama tenggang waktu tertentu, misalnya berlangganan nada tunggu dengan lagu-lagu yang kita pilih. untuk berlangganan nada tunggu tersebut biasanya si pelanggan harus melakukan registrasi terlebih dahulu, setelah registrasi dilakukan dengan format yang sudah diberikan, maka dalam hitungan detik akan mendapatkan balasan berupa ucapan terima kasih karena sudah melakukan registrasi. Lantas bagaimanakah SMS registrasi dari nomor tertentu dalam hitungan detik akan dibalas oleh Aplikasi SMS yang kita buat, tanpa adanya campur tangan si user. SMS balasan itulah disebut dalam Aplikasi SMS dengan AUTO Reply atau Auto Respon terhadap SMS yang masuk dengan format tertentu.


Dalam aplikasi SMS biasanya terdapat beberapa feature, selain feature Auto Respon atau Auto Reply seperti di atas, feature yang lainnya yaitu :
1. Kirim SMS
2. Menerima SMS
3. Polling SMS
4. SMS Terjadwal
5. Cek Pulsa
6. Dan lain sebagainya

Pada postingan sebelumnya saya berbicara mengenai Cek Pulsa dengan VB 6 tapi bukan menggunakan tools Engize SMS Gateway dengan gammu, tapi murni dengan bahasa pemrograman VB 6 dengan menggunakan object MS Comm.

Sebelum kita melanjutkan pokok pembicaraan mengenai Auto Reply SMS atau Auto Respon SMS, saya harap anda sudah mengerti mengenai konfigurasi gammu, baik versi lama maupun versi terbaru yang sudah mencapai gammu versi 1.32.xx. Kalau anda masih bingung mengenai konfigurasi gammu silahkan pelajari materi Pengantar Membuat Aplikasi SMS.

Paparan mengenai Auto Reply atau Respon dari SMS yang masuk sebenarnya sangat mirip dengan materi yang pernah saya sampaikan pada postingan terdahulu yaitu mengenai Registrasi Via SMS dengan Gammu, sedangkan paparan kali ini lebih ke arah tehnik manipulasi database yang dipakai oleh gammu bukan pada coding dari bahasa pemrogramannya.

Gammu untuk menyimpan sms masuk (inbox), sms keluar (outbox), sms terkirim (senditem), data telpon (contact) menggunakan database MySQL, selain MySQL gammu juga connect ke database sqllite dan postgree sql. Software database MySQL memiliki fasilitas atau feature yang namanya Trigger. Untuk memahami trigger itu silahkan baca beberapa materi mengenai trigger yang bisa anda dapatkan lewat pencarian dengan google. Feature Trigger nantinya kita akan gunakan untuk melakukan respon terhadap SMS yang masuk dengan keyword yang sudah kita tentukan.

Trigger yang akan kita buat merupakan pemicu yang akan melakukan tindakan pada saat terjadinya insert pada tabel inbox, tabel inbox merupakan tabel yang digunakan oleh gammu untuk menyimpan sms yang masuk. Jadi setiap kali tabel inbox diisi oleh gammu dengan pesan masuk, maka secara otomatis trigger ini akan bekerja sesuai dengan fungsinya. Fungsi trigger yang akan dibuat yaitu melakukan insert data pada tabel outbox, pada saat tabel outbox berisi data nomor tujuan dan pesan, maka gammu akan melakukan pekerjaan mengirimkan pesan tersebut ke nomor tujuan.

Sebelum kita membuat trigger untuk melakukan Auto Respon terhadap SMS yang masuk, kita harus menentukan dulu format SMS yang akan dibalas oleh Trigger tersebut, sebagai contoh kita buat formatnya seperti ini REG#NamaAnda. Jadi setiap SMS yang masuk dengan format tersebut maka trigger akan membalasnya dengan ucapakan "Terima Kasih Sudah Melakukan Registrasi ke SMS Center"

Bagaimana dengan penjelasan tersebut di atas, masih bingung atau belum faham ? kalau belum silahkan pelajari kembali konfigurasi gammu, tabel-tabel yang dipakai oleh gammu dan trigger di MySQL. Serta konsep auto reply SMS. Jika sudah faham kita lanjutkan ke tahapan dalam pembuatan trigger untuk Auto Reply Aplikasi SMS yang kita buat :

1. Masuk ke phpmyadmin
Gambar 1 ; Phpmyadmin

2. Pilih Databasenyanya
3. Silahkan pilih tab SQL
4. Tulis Script Trigger dibawah ini :

CREATE TRIGGER `AutoResponSMS` AFTER INSERT ON `inbox`
FOR EACH ROW BEGIN

BEGIN
IF LEFT(NEW.TextDecoded,3)="REG" THEN
INSERT INTO outbox (DestinationNumber,TextDecoded) values( NEW.SenderNumber ,'Terima Kasih Sudah Melakukan Registrasi - ekaperintis');
END IF;
END


Lihat gambar dibawah ini dan perhatikan kotak merahnya :
Gambar 2 ; Create Trigger
5. Selanjutnya, Klik tombol Go
6. Jika trigger AutoRespon yang yang kita buat benar, maka akan terlihat pesan sukses, seperti terlihat gambar berikut ini :


Silahkan uji coba dengan cara mengirimkan SMS ke nomor anda dengan cara ketik REG#NamaAnda, ingat Daemon Gammunya sudah harus running/aktif, jika nomor hp anda ada pulsanya maka gammu akan melakukan respon balik terhadap sms yang anda kirim, SMS balasan yang akan diterima berupa "Terima Kasih Sudah Melakukan Registrasi - ekaperintis".

Demikian paparan mengenai Auto Respon ezine sms gateway gammu dengan cara memanfaatkan trigger di database MySQL. Paparan ini hanyalah dokumentasi pribadi yang mungkin bisa memberikan manfaat buat pengunjung blog ini.

Terima Kasih.

27 comments:

  1. pak guru mau tanya y, tapi mungkin keluar dari topik, :D

    punya cntoh aplikasi YM chat client dengan .net atau sejeisnya pak? ane pengen blajar bkin sejenis itu, hehehhe

    ReplyDelete
  2. Thanks very interesting blog!
    Also see my website - Custom titanium ring

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Silahkan baca update-nya, maaf sudah lama sekali

      Delete
  4. This is the right blog for everyone who wishes to understand this topic.
    You know so much its almost tough to argue with
    you (not that I actually will need to…HaHa).

    You certainly put a brand new spin on a subject that's been written about for many years. Excellent stuff, just great!
    My web site: abhoeren im Internet

    ReplyDelete
  5. #1064 - You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near '' at line 5 ----- saya eror gitu gan, kenapa ya?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. gan klo ada elsenya bisa ga ? thx

    ReplyDelete
  8. You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near '' at line 5 ----- saya eror gitu gan, kenapa ya?
    udh buat database.a jg

    ReplyDelete
  9. punya sya udh berhasil tp ko sya coba test sms ketik REG#nama tp g ada balasan apapun y..

    ReplyDelete
  10. saya juga sudah berhasil, tapi waktu saya sms ga ada balasan. saya pake hp samsung g c7500.

    ReplyDelete
  11. saya sudah berhasil di phpmyadminnya, tapi waktu saya krim sms tidk ada balasan.service gammu nya sudah saya aktifkan, saya pake samsung g c7500. mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba, om masukkan cara manual dulu kirim SMS, caranya bukan tabel outbox, dan isi nomor telpon tujuan dan smsnya, lihat hasilnya bisa tidak ???

      Delete
  12. permisi mas..
    kalo pake modem huawei bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang support ada yang tidak, boleh tau type nya apa ???

      Delete
  13. tipenya E173 Mas..

    saya buka database gammu kemudian klik tab SQL, terus saat saya salin script trigger tersebut muncul error seperti ini mas.
    #1064 - You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near '' at line 7

    ini versi phpmyadmin yg saya gunakan mas: Version information: 4.0.4.1, latest stable version: 4.1.9

    Mohon bantuannya Mas. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mas capture phpmyadminya waktu membuat trigger, saya pengen lihat

      Delete
  14. eka perintis tu dapatnya dari table apa yah om ?

    ReplyDelete
  15. Bagaimana kalau menggunakan trigger formatx sprti ini REG#NAMA#USULAN

    ReplyDelete