Tuesday, February 16, 2016

Implementasi PHP dengan SQL Server

Begitu banyak materi yang bisa didapatkan tentang PHP dengan databasenya MySQL, memang sejak dulu PHP selalu nempel dengan MySQL kalau boleh dibilang bahwa antara PHP dan MySQL adalah satu pasangan yang serasi. Bagaimana dengan materi PHP dengan SQL Server ? barangkali materi ini belum begitu banyak didapatkan dari beberapa blog terutama dalam uraiannya dengan bahasa Indonesia.

Dalam paparan kali ini saya akan menguraikan dalam bentuk praktikum bagaimana cara menghubungkan PHP dengan Database SQL Server, tidak seperti PHP dan MySQL yang tanpa konfigurasi tambahan script yang kita tulis sudah langsung bisa dipakai, tapi berbeda dengan PHP dan SQL Server, perlu ada pengaturan tambahan agar PHP bisa komunikasi dengan SQL Server.

Sebelum bicara tahapannya, sebaiknya kita persiapkan dulu beberapa software dan tools yang kita perlukan, karena persiapan terlebih dahulu mustahil materi ini akan bisa dipraktekkan, yang perlu dipersiapkan yaitu antara lain :

  1. SQL Server, silahkan berkunjung langsung ke web resminya Microsoft dan lakukan download secara gratis. Dan lakukan pemasangan di komputer masing-masing, untuk materinya bisa di pelajari di sini dan atau di sini juga bisa.
  2. Notepad++, tools editor yang cukup handal dalam menuliskan script PHP, jika belum ada maka segera kunjungi web resminya di sini.
  3. Download Xampp versi 1.7.3 di sini
Setelah semua software dan tools sudah dipersiapkan dan sudah terpasang dengan baik tanpa ada kendala, maka tahapan berikutnya yang perlu dilakukan adalah konfigurasi atau pengaturan lebih lanjut, silahkan simak di bawah ini.

  1. Buka file php.ini pada direktory xampp\php dengan notepad++
  2. Cari kata-kata extension=php_mssql.dll dan extension=php_pdo_mssql.dll dengan menggunakan fasilitas Find (tekan CTRL+F)
  3. Hilangkan tanda titik komanya 
  4. Lakukan save atau simpan.
  5. Restart Apache dengan cara buka control panel xampp, klik tombol stop dan klik tombol start kembali.
Pengaturan file php.ini
Bagaimana, gampang kan ? perhatikan apakah apache berjalan dengan baik atau tidak setelah diaktifkannya library mssqlnya ? kalau berjalan dengan baik, kita teruskan ke tahapan berikutnya yaitu membuat script php untuk koneksi ke database SQL Server. Silahkan ikutin tahapannya di bawah ini.
  1. Buka Notepad++
  2. Buat lembar kerja yang baru dengan cara klik File >> New
  3. Pilih Bahasanya dengan cara klik Languange >> P >> Php

  4. Pemilihan Bahasa
  5. Tulis scriptnya seperti di bawah  :
  6. 
      
    	$server = 'EKAPERINTIS\SQLEXPRESS';
    	$username = 'sa';
    	$password = 'proklamasi45';
    	$con = mssql_connect($server, $username, $password);
    	if ($con) 
    	{
    		echo 'Koneksi ke Database SQL Server Sukses';
    	}
    	else
    	{
    		echo 'Koneksi ke Database SQL Server Gagal';
    	}
    
     
  7. Simpan file tersebut didalam folder htdocs dan folder web anda
  8. Test dengan cara membuka webbrowser baik itu firefox atau crome
Untuk nama servernya bisa disesuaikan dengan komputernya masing-masing, tinggal buka Microsoft SQL Server Management Studio Expressnya, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Koneksi ke SQL Server

Demikian paparan tentang implementasi PHP dengan SQL Server 2005 ataupun 2008, materi ini sebatas dokumentasi pribadi agar sewaktu-waktu lupa bisa membuka materinya kembali, dan untuk selanjutnya setelah membuat script php koneksi ke database SQL Server, maka akan dilanjutkan ke materi insert, update dan delete dengan PHP dan database SQL Server.


No comments:

Post a Comment