Sunday, March 6, 2016

Membuat Web Server Local Menjadi Online

Web Server
Terkadang ada beberapa orang salah dalam memahami sebuah peristilah terutama web server, web browser, oleh karena itu sebelum mempraktekkan cara membuat web server local menjadi online ada baiknya dijelaskan mengenai dua istilah tersebut.

Pengertian Web server

Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.



Fungsi Web Server
Fungsi utama Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi.

Salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache (Apache Web Server-The HTTP Web Server) merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya. Untuk contoh lain dari Web Server yaitu :
  1. Apache Tomcat
  2. IIS ( Internet Information Services) produknya Microsoft
  3. Lighttpd
  4. Xitami 
Bagaimana dengan Web Browser ?

Web Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.

Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.

Membuat Web Server Local Menjadi Online

Setelah sedikit ulasan tentang web server, web browser dan fungsinya masing-masing, kita lanjutkan ke pembahasan mengenai cara meng-online-kan web server local yang kita punya agar bisa di akses oleh pihak luar yang terhubung ke internet.

Persiapan Praktikum
  1. Koneksi Internet
  2. Web server sudah di install, saya menggunakan aplikasi XAMPP
  3. Download software ngrok di alamat resminya yaitu ngrok.com, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai software ini silahkan baca langsung di web resminya.
Tahapan Praktikum
  1. Jalankan service apachenya lewat control panel xampp
  2. Extrak file ngrok yang sudah didownload ke drive tertentu
  3. Buka command prompt (dalam praktik ini saya menggunakan windows xp), klik Start Pilih Run
  4. Buka Command Prompt

  5. Masuk ke folder ngrok yang sudah diexrak tadi, asumsi file ngrok ada di drive E didalam folder folder ngrok, caranya ketik E tekan enter, kemudian ketik kembali cd ngrok dan tekan enter kembali, maka akan terlihat seperti di bawah ini :
    Masuk ke Drive E dan Folder ngrok
  6. Setelah kita masuk ke folder ngrok, maka selanjutnya kita jalankan file ngrok.exe nya dengan cara mengetik perintah ngrok.exe http 80 tekan enter.
  7. Perintah jalankan ngrok.exe
  8. Setelah penekanan enter maka aplikasi ngrok.exe akan bekerja dan akan memberikan alamat dari web server yang kita miliki seperti terlihat pada gambar di bawah
URL dari ngrok
Uji Coba Web Server
Setelah tahapan demi tahapan sudah dilakukan dan hasilnya sudah terlihat, maka selanjutnya kita uji web server kita apakah bisa diakses lewat internet dan atau bisa diakses oleh orang lain, untuk uji cobanya sangat gampang sekali.
  • Buka web browser baik crome, operas ataupun mozila dan sejenisnya
  • Ketik url atau alamat yang sudah diberikan oleh ngrok, pada komputer yang saya praktekkan terlihat urlnya yaitu  http://504e3a7b.ngrok.io dan https://504e3a7b.ngrok.io 
  • Maka hasilnya akan terlihat xampp yang kita punya yang terdapat di localhost komputer kita
Hasil 1

Hasil 2

Selanjutnya, kalau kita punya web aplikasi ataupun web pribadi tinggal buat folder saja di htdocs dan copy paste semua file web yang kita punya ke folder tersebut, kemudian tinggal ketik alamat web ngrok-nya ditambahkan nama folder kita seperti terlihat pada gambar Hasil 2.

Demikian paparan tenang cara mengonline-kan web server local yang kita punya agar bisa dilihat oleh pihak lain lewat internet, materi ini hanyalah dokementasi pribadi agar pengetahuan yang sudah didapatkan dari hasil uji coba dengan cara menjelajah di internet tidak punah, dan sewaktu-waktu dibutuhkan akan bisa digunakan kembali.

Dalam waktu yang belum ditentukan materi ini akan dilanjutkan kembali dengan sesi ke-2 menjelajah lebih dalam tentang web server dan aplikasi ngrok.exe ini.


9 comments:

  1. Info yang menarik untuk ane pak, sy baru tahu tentang ngrok dari sini. ditunggu lanjutan artikelnya...

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat Om. Hakhirnya bisa bikin demo web tanpa upload ke hosting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih sudah berkunjung....

      Delete
  3. Sangat Bermanfaat om, ngedemoin aplikasi Web jadi lebih mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau bermanfaat, sukses terus ya

      Delete
    2. Sukses Om, Ane ketinggalan jauh ya

      Delete
    3. Thanks opus, Kejar aja kalau ketinggalan mah, hahaha

      Delete
  4. saya mah apa tuh, maaf cuma numpang lewat, yang pasti ini adalah salah satu bentuk pencerahan yang baik untuk para pemula seperti saya...

    ReplyDelete