Saturday, August 2, 2014

Polling SMS dengan VB.NET & Gammu 1

Gambar 1 - Pemilihan Gubernur
Polling adalah suatu metode untuk mengetahui pendapat umum. Polling merupakan ekspresi sekaligus metode untuk mengetahui pendapat umum terhadap suatu isu/masalah tertentu. Polling sering didefinisikan sebagai suatu penelitian (survey) dengan menanyakan kepada masyarakat mengenai pendapatnya terhadap suatu isu/masalah tertentu. Polling secara metodologis adalah sebuah teknik untuk menyelidiki apa yang dipikirkan orang terhadap isu/masalah yang muncul. Polling dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendapat yang berkembang dalam masyarakat terhadap suatu isu. 

Polling atau kata lainnya adalah jejak pendapat menurut beberapa sumber bahwa ini merupakan penerapan atau implementasi dari ilmu statistik, sedangkan Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. 


Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta hitung cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count

Masih ingat pemilu presiden beberapa waktu yang lalu  tepatnya tanggal 9 Juli 2014 ??. Iya dua capres antara Pasangan Prabowo Subinato - Hatta Rajasa dengan nomor urut 1 dan Pasangan Jokowi - Yusuf Kalla dengan nomor urut 2. Masing-masing pasangan tersebut memiliki lembaga survey dan penghitungan cepat (quick count) sendiri-sendiri. Hasil dari perhitungan tersebut tentunya membutuhkan data yang dikirimkan oleh si pengirim (pembawa data), baik datanya dari sumber yang sama ataupun beda, yang jelas masing-masing mempunyai tehnik sendiri-sendiri dalam proses pengumpulan datanya.

Dalam tulisan dengan tema Polling SMS dengan Gammu 1 ini tidak berbicara secara detail bagaimana proses quick count presiden tersebut di atas, yang demikian hanyalah sedikit menggambarkan contoh dari rentetan tentang statistik hubungannya dengan implementasi ataupun penerapan ilmu dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikian sepintas mengenai Polling atau jejak pendapat dan atau perhitungan cepat (quick count), pembahasan ini akan berlanjut dengan kasus Pemilihan Kepala Desa melalui fasilitas SMS yang terdapat ditiap-tiap handphone yang sudah bukan barang langka lagi buat masyarakat. Tentunya kita akan memanfaatkan tool SMS Geteway yang cukup handal tidak lain adalah gammu.

No comments:

Post a Comment