Friday, August 1, 2014

Uji Coba HP Cross untuk SMS Gateway

Sekedar informasi, bagi kawan-kawan yang memang sedang atau kebetulan bermain-main atau akan membuat aplikasi SMS, sudah tidak bisa diragukan lagi kalau Modem Wavecom sangat bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan Aplikasi SMS tersebut, baik untuk menerima SMS, mengirim SMS, GetUSSD.
Tapi, kalau hanya sekedar uji coba dan ternyata belum bisa untuk mendapatkan modem tersebut, bisa mengggunakan HP cross, siapa tau teman atau tetangga memiliki HP tersebut setidaknya bisa dipinjam sebentar atau tukaran HP dulu selama uji coba membuat Aplikasi SMS sampai berhasil.
Berikut capture HP yang bisa digunakan untuk kebutuhan Uji Coba Aplikasi SMS, selain Siement C55 dan Sony Erricson.

Dalam uji coba pertama dengan menggunakan bahasa VB 6 yang dikombinasikan dengan perintah AT Command untuk melihat nomor Imei, maka hasilnya seperti di bawah ini :

 

MSComm1.Output = "AT+CGSN" & Chr(13)
Sleep (1000)







Sedangkan untuk cek pulsanya, saya coba uji coba via Hyper Terminal bawaannya Windows XP dan Aplikasi Putty, hasilnya cukup lumayan sukses. Untuk perintah cek pulsa bisa menggunakan perintah di bawah ini :

AT+CUSD=1,"*111#" ---> Sesuaikan dengan keyword provider masing-masing kartu.






Selanjutnya, jika kita mau membuat Aplikasi SMS dengan bantuan pihak ke-3 yang sudah tidak bisa diragukan lagi kehandalannya, tools SMS Gateway tersebut yaitu GAMMU, saya coba uji dengan tools Gammu versi 1.32.xx hasilnya ternyata gammu bisa komunikasi juga dengan HP Cross tersebut. Berikut capturenya bisa di lihat di bawah ini :




Demikian informasi hardware untuk kebutuhan SMS Gateway atau aplikasi SMS, baik menggunakan bahasa program Visual Basic dengan perintah AT Command maupun dengan memanfaatkan pihak ketiga yaitu gammu.

Semoga bermanfaat.

1 comment: