Sunday, October 4, 2020

Aplikasi Kehadiran Scan QRCode Android #1


Awal Oktober 2020 situasi masih belum terlihat ada titik terang akibat dari Covid-19 yang melaju begitu sangat kencang proses penyebarannya, tidak jauh beda dengan saat-saat dulu pertama kali belajar komputer dengan mesin sekelas Pentium 1 dan 2 yang dihantam oleh virus sakit hati alias putus cinta, virus tersebutpun diberi nama mylove dan terkadang berubah-ubah variannnya, yaa ini masa lalu dan masa sekarang terjadi dalam kenyataan hidup.

Rasanya agak sedikit percuma juga larut dalam kondisi yang terkadang membingungkan tidak ada ujung pangkal dan solusinya, sebaiknya ... kita coba-coba buat beberapa bahan untuk bisa dijadikan belajar, dan sudah lama juga blog ini tak tersentuh karena sok sibuk aja.

Sesi pertama ini, kita sekedar ngobrol-ngobrol aja sambil diuraikan alur proses dari Aplikasi Scan QRCode Android yang akan kita buat nanti. Aplikasi Scan QRCode ini diperuntukkan untuk aktivitas kehadiran guru dalam mengajar anak-anak di dalam kelasnya atau dimasa pandemi saat sekarang ini digunakan untuk mengajar siswa tanpa masuk ke ruang kelas karena siswa/i masih tetap dirumah belajarnya, agar fokus dalam pembuatan project kita fokuskan ke studi kasus pertama dulu yaitu kebutuhan untuk guru dalam mengisi presensi jam hadir mengajar.

Prosesnya, guru datang ke sekolah, saat mulai mengajar Online guru diwajibkan scan QRCode yang sudah disiapkan sebelumnya di meja gurunya masing-masing, setelah beres mengajar maka guru melakukan scan Qrcode kembali sebagai tanda selesainya mengajar, jadi ada jam Scan mulai mengajar dan ada scan jam mulai selesai mengejar.

Selanjutnya, bagaimana ... kita masuk ke sesi berikutnya pembuatan database di sini

No comments:

Post a Comment