Tuesday, April 28, 2009

Contoh Pemrograman Vb & MySQL

Dengan sedikit ilmu yang team nGOpre-X punya, hanya ingin berbagi agar masyarakat Parungpanjang dan sekitar khususnya, mampu membuat satu karya walaupun itu masih sangat sederhana.

Sesuai dengan titlenya ini hanya salah satu contoh dari implementasi bahasa pemrograman yang sangat dan sangat familiar di kalangan mahasiswa di kampus manapun yakni bahasa Visual Basic 6.0 yang akan coba dikoneksikan dengan database server MySQL yang juga sangat dan sangat familir di kalangan para developer web master.

Dalam contoh ini, dikemukakan tidak secara detail artinya tidak dijelaskan bagaimana cara membuat database di MySQL server, bagaimana cara menginstall MySQL server. Hanya di berikan struktur tabelnya seperti dibawah ini :

nama database : Inventory
nama tabel : data_user
-----------------------------------------------------------------
Field Type Width
-----------------------------------------------------------------
user Char 10
pass Char 10
-----------------------------------------------------------------
nb : tanpa primary key

Setelah kita buat database inventory dengan struktur tabelnya seperti diatas, maka langkah selanjutnya kita membuat desain interface atau antar muka pengguna yang nantinya dipakai untuk mengentry data user, dan inipun tidak dijelaskan secara gamblang dan jelas hanya diberikan gambaran seperti dibawah ini :

Object yang digunakan :
1. Form
2. Text
3. Command
4. Picture
5. Label
6. Frame

Untuk lebih jelasnya contoh tersebut seperti apa, dikarenakan memang cukup males menjelaskan secara detail di blog ini, akhirnya contoh lengkapnya yang terdiri dari project plus source code dan databasenya saya upload ke ziddu.com.

Silahkan donlot di sini. Satu yang saya minta tolong kasih commentnya dong !

Dan sebagai pelengkap untuk sourco code list viewnya bisa donlot di sini

Thank`s
  • Istriku tercinta Nunung Nurjanah (tolong jaga anakku yang masih didalam kandungan)
  • Kawan-kawan di SMK BPM dan STMIK Pranata Inodonesia Kampus E
  • Kawan-kawan di VB-BEGO.COM cool abis deh
  • Warnet PRINNET yang sudah memberikan sumbangsihnya secara gratis akses Internetnya, maklum lagi tipis kantong belakang dan memang selalu tipis sih, yaa ga pernah punya dompet lagi, makanya selalu tipis.

8 comments:

  1. boleh juga tapi warnanya gelap kayak hatinya

    ReplyDelete
  2. selalu ada inspirasi baru...dan inilah inspirasi baru saya...inspirasi yg akan mengawali langkah saya untuk lebih maju lagi...maju terus ngopre-x soc!aty kami semua adalah bagian dari mu....

    ReplyDelete
  3. Thanks master, kita sama-sama maju melangkah

    ReplyDelete