Tuesday, December 12, 2017

PAMP (Personal Apache MySQL PHP) Membangun web server dengan Hp NOKIA berbasis Symbian

Kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai pengalaman saya saat dulu waktu kuliah, dan betapa sulitnya waktu itu untuk melakukan eksperimen terhadap apa yang saya pelajari waktu itu, bermodalkan HP NOKIA5730 XM pada saat itu, saya hanya dapat browsing mengenai materi apa yang akan dipelajari selanjutnya, meski begitu masih terasa belum terpuaskan dengan belajar ditempat kuliah. Laptop tidak punya, PC pun tidak ada dirumah. Akhirnya setelah berhari-hari mencari solusi, saya menemukan sebuah aplikasi yang mampu untuk melakukan apa yang saya harapkan waktu itu dan ini lah aplikasi yang mampu menjalakan web server dengan piranti yang saya miliki. Perlengkapan yang dibutuhkan cukup sederhana, diantaranya :

 
  1. HP berbasis Symbian, saya menggunakan Nokia 5730XM  (versi S60v3 minimal) 
  2. Aplikasi yang bernama PAMP 
  3. Opera Mobile / Browser bawaan
Penerapannya cukup mudah, kamu cukup unduh aplikasi yang saya sebutkan tadi, kemudian installah pada perangkat anda (pada handphone berbasis symbian s60V3 minimal), kemudian jalankan  aplikasinya seperti gambar berikut ini :




 Kemudian jalankan servisnya dengan menekan Pilihan-> PAMP ->  Start -> Pamp



Setelah berjalan services Apache dan MySQLnya maka langkah selanjutnya buka browser (disini saya menggunakan Opera Mobile) kemudian ketikan 127.0.0.1 sebagai pengecekan bahwa services telah berjalan baik.




Nah, gambar diatas adalah gambar aplikasi yang saya buat di handphone saya,  kamu tinggal jalankan ekspesimen web sesukamu di handphone jadul kamu, sebagai tambahan gunakan aplikasi X-plore untuk aplikasi filemanager dan editor Text.

Jangan kalah dengan android, yang saya rasa belum semampu aplikasi ini, soalnya saya sudah pernah mencoba aplikasi sejenis di android, tapi tidak bisa diModif ala kita.. jadi berjayalah SymbianOS.




No comments:

Post a Comment