Saturday, July 14, 2012

Cek Pulsa dengan Gammu

Sudah lama rasanya tidak memposting di blog yang sangat usang ini, kali ini mumpung ada kesempatan waktu, peralatan perang (modem, laptop, dan lain-lainnya), mohon izin bila ada pengunjung blog ini yang menggap sudah basi postingan yang saya buat ini, saya mohon di berikan arahan dan bimbingan, dan paparan ini adalah bagian dari dokumentasi pribadi yang semoga bisa juga bermanfaat bagi yang membutuhkan. gampangnya kalau buat saya sendiri pas lupa cara cek pulsa dengan gammu, tinggal masuk aja ke link ini.

Kita teruskan, sebelum masuk ke paparan intinya, sebaiknya kita persiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang harus ada tidak boleh tidak ada (maksa mode on), antara lain peralatannya adalah :
  1. Modem/Hp; pada postingan kali ini saya kebetulan dapet modem wavecom fastrack gratis
  2. Tool gammu versi 3.1; pada saat tulisan ini dimulai masih versi terakhir, dan untuk memudahkan silahkan unduh meng-unduh tool easysms yang sudah saya modifikasi sedikit, tinggal install dan sesuaikan dengan kondisi komputer yang dipakai :D
  3. Cemilan, kopi, susu dan lain-lainnya yang bisa dimakan aja deh
Peralatan sudah siap, kita lanjutkan ke tahap berikutnya, asumsi saya Installer EasySMS  sudah di unduh, dan sudah di install, cara installnya silahkan lihat pada postingan saya sebelumnya.

Tahapan-tahapannya dibawah ini :
  1. Klik Start
  2. Pilih Run
  3. Ketik cmd 
  4. Tekan Enter
  5. Ketik D: (untuk masuk ke Drive D karena secara default EasySMS terinstall pada drive D)
  6. Masuk ke Folder EasySMS dengan cara ketik cd EasySMS 
  7. Tekan Enter
  8. Baru kita lakukan cek Pulsa dengan cara mengetik gammu.exe getussd *388#
  9. Tekan Enter dan tunggu beberapa detik mungkin juga sampe menit untuk melihat hasilnya (lihat gambar di bawah ini)





Coba perhatikan perintah gammu.exe getussd *388#, itulah perintah untuk melakukan cek pulsa nomor IM3, dan kebetulan saya sendiri pake IM3 untuk tentingnya, sedangkan untuk nomor selain IM3 tinggal ganti saja, misalkan XL berarti perintah cek pulsanya menjadi gammu.exe getussd *123# dan seterusnya untuk nomor yang lainnya.


Demikian paparan mengenai cek pulsa dengan gammu salah satu tool yang cukup handal dalam membuat SMS Gateway, para postingan selanjutnya perintah gammu ini akan saya kombinasikan dan atau saya terapkan di bahasa pemrograman Visual Basic 6 dan NET, silahkan tunggu postingan selanjutnya, terakhir ini hanyalah dokumentasi pribadi semata.



7 comments:

  1. Nice Post Gan.... ane juga sama buat dengan bantuan gammu tapi sudah di kemas pake vb6 silahkan di kunjungi di http://arivhaysoft.blogspot.com/2012/07/cek-pulsa.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okke,

      Tadi siang udah ane download di group nGOpre-X, tapi setelah di extrak kedetect oleh antivirus sebagai malicouse code, saran saya silahkan diperbaikin lagi installer-nya, biar tidak terdeteksi sebagai code yang berbahaya.

      Delete
  2. Replies
    1. Betul sekali, bisa di lihat di phonedatabase gammunya http://wammu.eu/phones/

      atau lebih enak pakai AT C, selama modemnya mendukung eksekusi AT C, maka selama itu bisa dilakukan :D

      http://ngopre-x.blogspot.com/2012/10/cek-pulsa-dengan-vb-6.html

      Delete
  3. om... saya brhasil cek pulsa dengan CMD, tetepi ketika menggunakan script php, nggak muncul om
    ini script phpnya
    0) $index = $i;
    }

    // menampilkan sisa pulsa
    echo $hasil[$index];

    ?>

    apakah scriptnya salah??
    mohon bantuannya om

    ReplyDelete